Minggu, 12 Agustus 2012

kue basah gethuk lindri keju


kue basah gethuk lindri keju

kue basah gethuk pada dasarnya penganan kue basah yang di buat dengan bahan dasar singkong dan gula. Untuk yang tradisional sebenarnya cukup di kukus singkongnya sampai lunak tambahkan gula jawa dan gula pasir. uleni hngga menyatu. dan di bentuk diatas nya di taburi kelapa parut. tapi kali ini saya akan membuat "kue basah" gethuk lebih istimewa. saya namakan kue basah gethuk lindri keju


Bahan membuat kue basah gethuk lindri keju :

1 kilogram singkong
200 gr gula putih atau gula pasir
50 gr margarin
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili
1/4  1/2 butir kelapa setengah tua, kupas, parut, kukus.
150 gr keju parut cheddar
1/4 – 1/2 sendok teh pewarna makanan warna merah muda
1 sendok teh pasta cokelat
100 gram keju parut cheddar, untuk taburan

cara membuat kue basah gethuk lindri keju :


Potong-potong Singkong yang telah dikupas dan dicuci bersih. Kemudian Kukus singkong tersebut hingga matang, angkat, lumatkan selagi panas. jangan lupa buang serat-seratnya.
Tambahkan gula putih atau pasir, margarin, garam, dan vanili, aduk hingga merata. Masukkan kelapa parut dan keju ke dalam adonan, aduk hingga tercampur rata. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Beri pewarna makanan warna merah pada salah satu bagian adonan (warna jangan terlalu tua) dan pasta cokelat pada bagian yang lain, aduk hingga tercampur rata.
Masukkan adonan secara terpisah  ke dalam gilingan khusus gethuk lindri, proses adonan, taruh adonan yang keluar di atas telapak tangan. Sesudah adonan keluar 6 cm, potong menggunakan spatula lalu tekan sedikit (perlahan) ke atas hingga bagian tengahnya agak menggembung. Ulangi langkah yang sama hingga semua adonan habis.
Atur gethuk di atas piring saji, taburi bagian atas masing-masing gethuk dengan keju parut, sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar